Posted by : Anonim Sabtu, 27 April 2013

Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarakatuh
kawan muslimin, mari kita mengetahuinya bersama, bahwa sesungguhnya ada 3 jenis bisikan gaib yang bisa menimpa diri kita, Dalam Al-Qur'an sendiri membeberkan masalah tersebut, lalu apa saja sih?

1. Ilham:
bisikan ini patut ddisyukuri bila kawan mendapatkannya, kenapa?? karena sesungguhnya bisikan gaib ini bisa datang dari malaikat. Mari kita lihat Al-Qur'an pada surat Al-Anfal: 20,
artinya "Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling daripada-Nya sedang kamu mendengar perintah-perintah-Nya".

2. Hawajis
kemudian bisikan gaib yang satu ini datang dari hawa nafsu kita, bisa berupa syahwat, dan hasrat kuat untuk melakukan sesuatu, maka bila hal itu merujuk pada hal negatif beristighfarlah, lihat Al-Qur'an surat Tahaa: 120. Artinya "Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon Khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?" (FYI :tentang pohon khuldi, pohon ini dinamakan "Syajaratulkhuldi" ; pohon kekekalan, karena menurut bisikan syaitan, orang yang memakannya akan kekal dan tidak akan mati)
(FYI lagi, sesungguhnya pohon yang dikatakan dalam ayat 120 surat Tahaa, tidak dapat dipastikan namanya sebab Al-Qur'an dan Hadist tak menerangkannya, hanya saja nama khuldi disini, adalah penamaan syaitan terhadap pohon ini untuk membujuk Nabi Adam a.s dan Siti Hawa) *baca juga surat Al-Baqarah ayat 35.

3. Waswas/Ragu-ragu
Mungkin dalam shalat, dalam wudlu, kita terkadang bingung sudah rakaat berapa dan gerakan apa, maka kita menjadi ragu-ragu/waswas. Maka berhati-hatilah kawan, karena sejatinya rasa waswas/ragu-ragu tak lain datangnya dari syaitan. dan ayat yang menerangkannya mungkin kawan kawan sudah pada hafal, lihat saja Al-Qur'an surat An-Naas ayat 5. Artinya "yang membisikkan (kejahatan) dalam dada manusia."

nah, semoga sedikit share dari saya bisa membantu kita dalam lebih mendekatkan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'Ala :D , oh iya pesen, kalo mau baca Al Qur'an baca keseluruhan pembahasan, biasanya kan ada 1 'ain tuh, nah bisa lah jadi awal dan akhir, jadi nggak salah kaprah nantinya, kalo bisa baca2 juga tafsirnya, :)


source: Al-Quran &buku Tahukah Anta Informasi Unik dan Menarik Seputar Dunia Islam terbitan bersama majalah hidayah :D
(saran dan kritik yang membangun sangat diperlukan dalam hal agama, terimakasih)

akhirul kalam wassalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Popular Post

Followers

pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 sekedar tulisan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -