Posted by : R-da Adhitya Senin, 11 Maret 2013


Blogsas.com – Bintang Ganda adalah suatu bintang yang bila dilihat dengan mata telanjang hanya ada satu bintang saja, padahal sebenarnya ada dua bintang yang saling berdekatan. Bintang ganda yang pertama kali ditemukan adalah bintang Mizar di Rasi Urza Major, adalah Riccioli astronom asal italia penemunya (1650).

Pada akhir abad 18 William Herschel melakukan sigi untuk mencari pasangan bintang ganda. Pada awalnya dia tidak percaya bahwa pasangannya adalah pasangan fisis sejati. Namun pada akhirnya dia percaya, karena kebanyakan penelitiannya ternyata pasangan tersebut kebanyakan pasangan sejati. Herschel melihat bintang yang lemah pada pasangan bintang ganda Castor di Rasi Gemini berubah letaknya terhadap yang lain akibat gaya gravitasi antara kedua bintang itu. kedua bintang mengitari titik pusat massanya.

Selain sistem bintang ganda ada juga sistem bintang majemuk seperti bintang bertiga, berempat, berlima dst.Adalah bintang Milburn 377 pada mulanya diduga sebuah bintang ganda visuil yang terdiri atas bintang katai M2 bermagnitudo 10,5 dan bintang katai M4 bermagnitudo 12,5 yang periode orbitnya 320 tahun. Ternyata kemudian komponen yang terang dalam sistem itu adalah bintang ganda dengan periode orbit 15,9 tahun. Jadi Milburn 377 adalah sistem bintang

Read more: Bintang Ganda & Bintang Majemuk http://www.blogsas.com/bintang-ganda-bintang-majemuk/#ixzz1WfWyJsxn
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Popular Post

Followers

pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 sekedar tulisan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -